Mikrobiologi


          Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari mikroorganisme (mikroba) yang hidup, yang terdiri dari satu sel dan banyak sel yang  dapat dilihat dengan bantuan mikroskop. Mikroba  itu sendiri yang terdiri dari bakteri, fungi, alga, protozoa, dll. Yang diketahui  orang banyak bersifat merugikan, padahal tidak semua mikroba bersifat merugikan. Pada tulisan ini saya ingin memberitahukan bahwa jangan menganggap mikroba itu musuh, alasannya sangat sederhana seandainya di dunia ini tidak ada mikroba maka dunia ini akan dipenuhi dengan sampah. Mengapa demikian? karena mikroba berperan sebagai pengurai. Sampah-sampah yang menumpuk diuraikan oleh mikroba untuk proses hidup mikroba. 
Kita perlu mempelajari mikrobiologi, karena ruang lingkup kajian mikrobiologi dapat diaplikasikan ke dalam beberapa bidang yaitu:
  • Aplikasi kesehatan masyarakat.
  • Aplikasi dibidang pangan.
  • Aplikasi dibidang industri.
  • Aplikasi penghasil energi.
  • Aplikasi pada farmasi (obat-obatan).
          Dalam tulisan ini pula saya akan membahas tentang aplikasi mikrobiologi dibidang pangan. Jika makanan yang dibiarkan lama, maka makanan tersebut akan basi. Namun, jika makanan tersebut ditambahkan mikroba maka makanan tersebut dapat awet. makanan tersebut dapat tahan beberapa hari, bulan, atau bahkan dalam kisaran tahun. Mikroba yang digunakan adalah mikroba yang sesuai karakteristiknya untuk proses pengawetan. Sebagai contoh bakteri asam laktat yang digunakan pada proses fermentasi yaitu leuconostoc mesenteroides. Mikroba-mikroba yang berperan dalam bidang pangan tersebut telah membantu keberlangsungan kehidupan manusia untuk mengatasi masalah dibidang pangan seperti kebusukan, kerusakan, dll.
           Sehingga tidak ada lagi alasan bagi kita untuk mengatakan semua mikroba adalah musuh. Dalam bidang pangan saja, tanpa kita sadari kita membutuhkan mikroba. Apalagi dalam aplikasi bidang yang lainnya.                                                                                                                                      

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Teknologi Hasil Pertanian dalam Agroindustri, Iptek, dan pembangunan Nasional

prokariotik dan eukariotik

laporan pengenceran bertingkat dan penanaman mikroba